3 Cara Backup Database SLiMS

Share and discuss other ideas/topics than SLiMS here.

Moderators: wynerst, buitenzorg812, purwoko, sutriadi, ido, Dicarve, ridorido

Post Reply
doni
Posts: 42
Joined: 23 Feb 2012, 06:58
Location: Padang
Contact:

3 Cara Backup Database SLiMS

Post by doni » 28 Dec 2014, 12:44

Pada beberapa tulisan sebelumnya penulis agak sering menulis mengenai backup database SLiMS. Bisa jadi tulisan mengenai backup database cukup banyak penulis tulis dibanding tulisan lainnya. Hal tersebut dikarenakan jika SLiMS sudah berjalan dengan baik maka backup database merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan tentunya tetap mengacu kepada alasan masing-masing pengguna. Alasan lainnya penulis menulis mengenai backup database SLiMS adalah dikarenakan untuk hal instalasi sepertinya teman-teman sudah cukup mahir dimana hal ini terlihat sudah berkurangnya pertanyaan mengenai hal tersebut di group facebook SLiMS. Tulisan ini lebih penulis tujukan kepada teman-teman yang masih asing dengan Server sama halnya dengan penulis sendiri.
Dari perjalanan dan pengalaman penulis sendiri, penulis menemukan 3 cara yang penulis coba berkali-kali untuk melakukan backup database SLiMS. Walaupun penulis hanya mengajukan 3 cara namun tidak terutup kemungkinan akan cara lainnya, dan penulis rasa banyak teman-teman lainnya juga memiliki cara tersendiri dalam melakukan backup database SLiMS. Berikut ketiga cara untuk melakukan backup database SLiMS yang sudah penulis uji coba pada beberapa waktu dan keadaan yang berbeda.
1. Backup Database SLiMS melalui modul System
Cara yang pertama ini adalah cara termudah setidaknya bagi penulis sendiri, dimana untuk melakukan proses backup kita cukup mengklik button Start New Backup. Untuk menggunakan modul ini kita harus login sebagai user yang memiliki hak akses untuk melakukan pencadangan lalu pilih modul system dan pada submenunya pilih Database backup. Akan tetapi sebelum menggunakan fitur ini pastikan terlebih dahulu bahwa path mysqldump sudah berada pada posisi yang tepat. Untuk tutorial mengenai pengaturan path mysqldump teman-teman bisa mengikutinya disini untuk linux dan disini untuk windows. Walaupun cara ini terbilang mudah dan tidak membutuhkan keahlian yang tinggi akan tetapi fitur ini tidak selalu bisa dipergunakan terutama sekali jika SLiMS di install pada webhosting dimana provider webhosting biasanya tidak memberitahukan path mysqldumpnya. Teknik ini hanya bisa dipergunakan jika server dimana SLiMS di install berada dalam kendali penuh baik itu berada pada jaringan lokal, maupaun di internet.
2. Backup Database SLiMS melalui PhpMyadmin
phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL. phpMyAdmin biasanya tersedia dalam paket instalasi webserver dan mysql server seperti lampp, wampp maupun webhostingan di internet. Opsi backup database dengan menggunakan phpMyAdmin bisa dipergunakan pada SLiMS yang di install pada web hosting dimana biasanya jika kita menyewa webhosting mana pada panel administrasi akan tersedia pilihan phpmyadmin. Caranya cukup mudah, teman-teman tinggal login ke panel webhosting lalu pilih phpMyAdmin kemudian pilih database SLiMSnya setelah itu tandai seluruh tabel yang ada dalam database SLiMS dan pilih opsi Ekspor maka dengan demikian database SLiMS akan terbackup.
3. Backup Database SLiMS melalui Terminal/CMD
Backup Database SLiMS melalui Terminal/CMD ini merupakan cara tersulit yang penulis rasakan. Untuk melakukan Backup Database SLiMS melalui Terminal/CMD dibutuhkan keahlian yang cukup rumit dimana setiap perintah dijalankan dengan tulisan bukan dengan klik-klik seperti dua cara sebelumnya. Untuk melakukan Backup Database SLiMS melalui Terminal/CMD ini dibutuhkan hak akses penuh terhadap server dimana SLiMS di install. Cara ini biasanya dipergunakan oleh teman-teman yang sudah expert dalam bidang mengelola database dimana sebagian administrator database punya alasan sendiri untuk tidak menggunakan inteface seperti phpMyAdmin namun lebih memilih untuk menggunakan Terminal/CMD.
Itulah ketiga cara yang sudah pernah penulis uji cobakan dan semoga juga bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Tidak ada keharusan untuk menggunakan salah satu cara tersebut, tinggal disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan namun yang terpenting jangan lupa melakukan backup database SLiMSnya takut nanti terjadi apa-apa. Sekian dan terimakasih.

Artikel lengkap disertai gambar dapat dilihat di http://goslims.blogspot.com/2014/12/3-c ... langa.html

Post Reply